Home Tugas News Gunadarma 21cineplex

Selasa, 27 Oktober 2009

Website terjamin dengan sertifikat Webtrust

Perkembangan teknologi saat ini semakin berkembang, khususnya informasi. oleh karena itu kita tidak perlu repot atau sulit mencari informasi, dikarenakan saat ini kita bisa menggunaan internet sebagai media mencari informasi yang mudah, cepat, dan praktis.

Dengan internet kita dapat mencari apa saja yang kita inginkan, salah satunya barang atau jasa. para produsen barang atau jasa menggunakan media internet untuk mempromosikan atau memperkenalkan produknya.

Namun terkadang konsumen masih ragu untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan melalui website di inter net banyak resiko yang akan ditanggung konsumen, seperti; barang yang dipesan terkadang tidak sesuai dengan keinginan, maraknya penipuan – penipuan menggunakan website, dan tidak ada jaminan akan barang yang sudah dibeli. oleh sebab itu bagi produsen / pembuat barang dan jasa sebaiknya website yang dimiliki sebagai media iklan bersertifikat webtrust.

Webtrust adalah sertifikat yang diberikan kepada website yang secara konsisten menjalankan standard – standard yang dibuat oleh Canadian Institue of Chartered Accountans (CICA) dan American Institute of Chartered Public Accountants (AICPA).saat ini webtrust di akui secara internasional, standard-standard ini dapat berlaku pada area
privacy, security, business practices/transaction integrity, availability,
confidentiality or non-repudiation.

Webtrust dikembangkan karena kekhawatiran konsumen dan dunia bisnis akan privasi dan keamanan web. jika anda melihat stempel webtrust pada sebuah website, pemilik web tersebut tidak mendapatkan stempel dengan hanya membayar atas keistimewaan yang dimiliki (stempel webtrust). Untuk mendapatkan stempel webtrust, sebuah web haruslah memenuhi standar-standar yang telah ditentukan oleh badan akuntansi
profesional yaitu AICPA dan CICA dan situs akan diaudit atas ketaatannya terhadap standar webtrust setidaknya 6 blan sekali.

Dalam webtrust terdapat 6 stempel yaitu :

1. Privacy
Taat kepada aturan yang ketat mengenai pengumpulan, penyimpanan dan penggunaan informasi konsumen atau klien. Keuntungan bagi pemilik stempel adalah kepercayaan atas perusahaan.

2. Security
Mengikuti prosedur dan teknologi terkini yang layak dan aman. Keuntungannya adalah memberikan rasa aman bagi konsumen saat menjalankan transaksi baik offline maupun online.

3. Business Practices/Transaction Integrity
Mengurangi rasa kekhawatiran akan pencurian data saat transaksi online dan memastikan bahwa transaksi telah dijalankan secara menyeluruh Keuntungannya adalah mengurangi ketakutan konsumen akan melakukan praktik online.

4. Availability
Secara konsisten meberikan tingkan pelayanan yang telah disepakati dengan konsumen. Keuntungannya adalah memperkuat daya tarik sebagai penyedia layanan aplikasi.

5. Confidentiality
Memperlihatkan kemampuan untuk melindungi informasi business-to-business. Keuntungannya adalah memberikan konsumen rasa percaya atas pengelolan pertukaran informasi secara online.

6. Non-Repudiation
Memastikan identitas dan kemampuan membayar konsumen atas transaksi online yang dilakukan. Keuntungannya adalah menjaga keuntungan perusahaan.

Untuk lebih jelasnya mengenai Webtrust silahkan kunjungi www.aicpa.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar